Sabtu, 11 Februari 2012

FUNGSI DAN TUGAS SERTA MACAM-MACAM PERNIAGAAN


FUNGSI DAN TUGAS SERTA MACAM-MACAM PERNIAGAAN
A.       Tugas dan Fungsi Perniagaan
1.         Tugas perniagaan

a.        Membeli dan Mengumpulkan
Tugas perniagaan dalam hal ini adalah membeli suatu barang dari produsen (penghasil) dan mengumpulkannya kemudian barang itu dijual ke daerah-daerah atau orang yang memerlukannya, baik melalui pasar, warung-warung/toko-toko. Jadi tugas perdagangan dalam hal ini adalah kegiatan mengumpulkan dan membeli.

b.        Menyatir dan Mengolah
Tugas pedagang adalah memisah-misahkan dan mengelompokkan, maksudnya untuk membedakan kualitas jeruk tersebut. Perbedaan kualitas ini akan membedakan harga dari masing-masing kelompok.

c.        Menyimpan
Untuk menjaga agar tidak terjadi kekurangan barang pada masa-masa tertentu maka perlu diadakan penyimpanan barang di gudang atau tempat-tempat tertentu. Dalam hal ini tugas penyimpanan dilakukan oleh perdagangan. Tugas penyimpanan ini sangat penting utuk mengisi waktu antara masa menghasilkan (panen) dan waktu barang itu di butuhkan.

d.        Memindahkan Barang
Daerah-daerah produksi (surplus) dan daerah-daerah kekurangan (minus) mungkin saling berdekatan atau berjauhan. Barang-barang dari tempat produksi perlu di pindahkan ke daerah kekurangan. Memindahkan barang dari daerah produksi sehingga sampai ke daerah konsumsi adalah tugas perdagangan. Tugas memindahkan ini sering disebut tugas pengangkutan atau transportasi.

e.        Menyebarkankan dan Menjualkan barang
Tugas perdagangan adalah menyebarluaskan dan menjual barang tersebut ke berbagai tempat atau daerah produksi. Tugas menyebarkan ini disebut juga tugas distribusi.
Sedang tugas menjual berang termasuk juga mencari calon pembeli atau menawarkannya. Jadi, tugas menyebarkan (distribusi) dan tugas menawarkan adalah tugas perdagangan.

f.         Menyediakan Modal dan Biaya
Menyediakan modal terlebih dahulu untuk membiayai barang barang yang dibutuhkan konsumen adalah tugas perdagangan.



g.        Menanggung risiko
Tidak selamanya tugas perdagangan itu mulus dan berjalan lancar. Mungkin juga terjadi pencurian, kehilangan, dsb. Pada umumnya risiko itu terdiri dari:
                                                         i.            Risiko kualitas, kerugian karena mutu barang berkurang, sehingga bara tidak laku.
                                                        ii.            Risiko kuantitas, kerugian akibat jumlah barang berkurang dari semula.
                                                      iii.            Risiko harga, kerugian akibat harga pasar turun di bawah harga beli barang.

h.        Mengetahui Keadaan Pasar
Tugas perdagangan ialah mencari dan memperoleh informasi tentang keadaan pasar. Dengan mengetahui keadaan pasar, akan dapat menentukan cara-cara yang harus dijalankan dalam usaha menawarkan dan menjual barang. Menawarkan barang adalah mencari membeli sebanyak mungkin. Membeli barang untuk orang lain adalah kegiatan menjual. Pengetahuan tentang keadaan pasar disebut market information.

i.         Meningkatkan dan Mempeluas Kegiatan Penjualan
Meningkatkan dan memperluas kegiatan penjualan adalah tugas perdagangan. Tugas perdangan dalam hal ini memperbesar peranan reklame, advertensi/iklan, surat-surat penawaran,dll.

2.       Fungsi Perdangan
Seluruh kegiatan perniagaan itu disimpulkan dalam 4 fungsi pokok, yaitu:
a.        Mengumpulkan dan Meyebarluaskan
b.        Menyotir dan Menentukan Tingkat Kualitas Barang
c.        Menyimpan
d.        Memindahkan

Kemajuan dalam tata perniagaan itu menimbulkan organisasi atau badan-badan usaha yang menangani fungsi-fungsi perniagaan, diantaranya:
a.        Perusahan pengangkutan
b.        Perusahaan pergudangan
c.        Perusahaan asuransi
d.        Perusahaan bank
e.        Perusahaan Distribusi 

1 komentar: