Senin, 13 Februari 2012

TEMEN-TEMEN DI SEKOLAH, SMAN 75+2 JAKARTA


inilah sahabat & temen-temen gue yang selalu bikin gue semangat sekolah, belom semuanya sih masih sebagian


ini ronald lagi baca al-quran (walaupun cuma buat tugas doang)



ini erfan lagi mau masuk mesjid




                ini gue (teguh andika) lagi bikin foto gila buat tugas, ini lagi di tempat wudhu laki2 dan disebelahnya buat perempuan jadi gue kayak ngintip gitu


ini faisal lagi tobat, eh engga deh emang udah rajin sholat





faisal dakwah





yoseph kecapean abis maen basket




faisal nyolong sejadah buat dijual untuk membeli beras dan sebonggah berlian






ronald lagi iseng




ini semua (ronald, aldo, firdi, adli, fadhli) lagi pada demam boy band



ini adli yang sedang eksis



Minggu, 12 Februari 2012

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Jika berbicara tentang teknologi, tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selamanya, selama peradaban manusia masih ada, teknologi akan terus menjadi hal terpenting dalam kehidupan.
Hal yang saat ini sedang menjadi trand dan ramai diperbincangkan adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mana merupakan salah satu hal terpenting di abad ini. Tidak dapat dipungkiri kalau TIK tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari anak kecil hinga orang tua, pedagang kecil hingga pengusaha besar, baik disadari maupun tidak sudah begitu tergantung pada TIK.
Jika dilihat dari kacamata sejarah, TIK sesungguhnya sudah mulai dikenal manusia sejak beratus-ratus berabad-abad lalu. Sejak manusia diciptakan di muka bumi ini, manusia sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan symbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal perkembangan TIK. Manusia yang lebih maju dan modern mampu berkomunikasi secara lisan dan mulai mampu mendokumentasikan informasi dalam bentuk tulisan dan ukiran baik dalam bentuk simbol maupun gambar.

Pada jaman lalu, teknik pendokumentasian informasipun masih sanat sederhana, tetapi akhirnya terus berkembang dengan sanat pesat hingga saat ini. Beberapa alat yang digunakan pada zaman dulu antara lain, tulang, batu, kulit kayu, tanah liat, dan kulit binatang. Adapun karakteristik dari cara penyampaian informasi pada zaman dahulu adalah informasi menyebar dengan lambat dan kuran efektif.

Setelah masa revolusi industri, alat-alat mekanik bahkan elektronik mulai ditemukan, termasuk didalamnya alat-alat yang mampu membuat penyebaran informasi menjadi lebih mudah dan efektip. Jika pada awalnya orang yang berjarak jauh hanya mampu berkomunikasi lewat surat atau melalui kurir, maka pada abad pertengahan ini sudah mulai digunakan telegraf. Beberapa tahun kemudian, Alexander Graham Bel menemukan telepon yang mampu dipakai untuk berkomunikasi oleh orang walaupun berjarak jauh.
TIK berkembang dengan sangat pesat hingga saat ini. Saat ini, jarak dan waktu seakan tidak lagi menjadi halangan dalam berkomunikasi. Orang yang berada di pulau yang berbeda bahkan negara yang berbeda kini sudah mampu melakukkan komunikasi bahkan mampu ditampilkan secara visual. Salah satu hal yang sedang menjadi trend sat ini adalah kegiatan yang berbasis internet dan elektronik. Beberapa contoh diantaranya adalah e-learnig, e-banking, e-library, e-labolatory, e-mail dan sebagainya. Aktivitas-aktivitas berbasis elektronik ini sudah pasti sangat membantu kegiatan manusia. Dengan hal tersebut di atas, dimensi ruang dan waktu tidak lai menjadi hambatan.
Selain itu,proses pengolahan data pun semakin cepat dan efisien. Berbagai barang elektonik mulai dari televise, handphone, pager, PDA, laptop hingga palmtop sudah menjadi barang-barang yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Perkembangan TIK pun semakin pesat seiring dengan ditemukannya alat-alat yang lebih canggih.
Melihat apa yang terjadi saat ini, dapat dibayangkan apa yang mungkin dapat terjadi di masa nanti. Jauhnya jarak tidak lagi akan terasa. Kelak komunikasi jarak jauh akan dilakukan dengan hologram tiga dimensi yang begitu nyata. Pekerjaan-pekerjaan manusia akan mulai dikerjakan oleh robot yang bekerja secara otomatis dan mampu belajar dari pengalamannya sehingga mampu mengkoreksi kesalahan yang ia lakukan dengan sendirinya.
Teknologi kompuuter pun akan berkembang dengan pesat. Komputer masa depan akan mampu merespon tindakan-tindakan manusia dan memahami bahasa manusia. Lebih canggihnya lagi, komputer generasi yang akan datang diramalkan, akan memiliki perasaan layaknya manusia.
Melihat fakta dan gambaran masa depan seperti diuraikan di atas, muncul satu kekhawatiran, “Akankan eksistensi mausia digantikan oleh computer?” dan “Akankah manusia mampu bertahan dari kepunahan?”. Satu hal yang patut kita sadari dan tekadkan, “Teknologi dibuat untuk membantu manusia, bukan untuk memperbudak manusia”.



Sabtu, 11 Februari 2012

contoh pidato


Contoh Pidato Upacara Bendera Senin
Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah.
Yang terhormat Para PKS dan staf.
Yang terhormat Ibu dan Bapak Guru serta Staf Tata Usaha dan Perpustakaan.
Anak-anakku sekalian yang Bapak sayangi dan banggakan.
#
Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan rahmatnya kita bisa berkumpul ditempat dan waktu yang baik ini.

Shalawat dan salam kita curahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, para pengikutnya yang shaleh dan shalehah hingga akhir zaman.

Tidak lupa kita panjatkan doa kepada kedua orangtua kita, ampunilah segala dosa mereka dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kita semasa kecil dan kepada para guru yang telah memberikan ilmu yang banyak sehingga kita bisa berusaha untuk menjadi orang-orang yang beriman, berilmu, berakhlak mulia dan bertakwa . Mudah-mudahan kasih sayang dan ilmu yang mereka berikan menjadi ilmu yang bermanfaat. Tanpa mereka kita bukan apa-apa…Amin.

Anak-anakku sekalian yang Bapak sayangi dan banggakan,
Kalau di antara kalian yang bertanya, apakah upacara bendera itu? Mungkin kalian sudah tahu jawabannya, yaitu segala tindakan atau gerakan yang dirangkaikan serta ditata dengan tertib dan disiplin dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan memimpin serta membiasakan kesedian dipimpin dan membina kekompakan serta kerja sama dan yang paling penting adalah untuk mengenang jasa para pendiri negara.

Kalau ada yang bertanya lagi, apakah makna upacara bendera sampai kalian harus berpanas-panas? Mungkin juga kalian sudah tahu jawabannya, yaitu tetap memelihara nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.

Tetapi pertanyaan yang paling besar adalah,
#Apakah kalian sudah menjadi orang yang tertib? #Apakah kalian sudah bisa menjaga amanah untuk menjadi seorang pemimpin? #Apakah kalian sudah bersedia dipimpin untuk menjaga kekompakan dan kerja sama?#Apakah kalian selalu mengingat bahwa apa yang sudah kalian dapatkan sampai hari ini adalah hasil jerih payah dan jasa para pahlawan dan tetap menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme?
#Bapak harapkan mulai dari sekarang, kalian belajar lebih tertib, mentaati segala peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah, lingkungan dan agama.
Kemudian kalian belajar lebih disiplin, sholat pada waktunya, mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, membuang sampah pada tempatnya.
Kemudian kalian siap belajar menjadi pemimpin, minimal pemimpin untuk dirinya sendiri untuk menjadi anak yang lebih baik dan siap dipimpin dengan menjaga kekompakan dan kerja sama.
Kemudian kalian siap belajar menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme, menggunakan produk dalam negeri, melestarikan kebudayaan lokal, dan menjaga peninggalan nenek moyang kita.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal baik seperti yang sudah sampaikan tadi.
Anak-anaku sekalian yang Bapak sayangi dan banggakan,
Marilah kita bersama menjalankan amanah tersebut. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh









Contoh Pidato Hari Pendidikan Nasional

Saudara-saudara sekalian !
Yang saya hormati Dosen Stai Darul Qalam Drs. Habibullah .
Yang saya hormati mahasiswa/ mahasiswi Stai Darul Qalam .
Alangkah bahagianya saya selaku menjabat sebagai ibu kepada Negara Indonesia, pada hari ini ! pada hari ini, kita merayakan hari pendidikan Nasional, yang bertempat dilapangan Istana Bogor pada tanggal 2 Mei 2007. Dengan memperingati Pendidikan Nasional semoga kita lebih semangat /bangkit untuk memajukan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi bangsa, Negara dan Agama.
Pertambahan anak umur sekolah yang cepat dan pertambahan lulusan tiap jenjang pendidikan yang besar, tapi tidak diikuti penambahan prasarana dan sarana pendidikan yang cepat dan memadai, menimbulkan masalah bagi pemerintah untuk memberikan “pendidikan dan pengajaran” pada semua warga Negara sebagaimana diamanatkan oleh undang- undang Dasar.
Persoalan ini krusial mengingat beragamanya geografis nusantara yang luas dan terpencar dengan tingkat perkembangan sosial-ekonomi-kultural berbeda. Ketika itu untuk pertama kali pelaksanakan REPELITA dengan tekanan pada pembangunan ekonomi yang dipandang sebagai landasan bagi aspek- aspek lain dari pembangunan nasional. Dalam pembaruan pendidikan perhatian difokuskan pada upaya-upaya perbaikan dan peningkatan kualitas serta penataan kesempatan mendapat pendidikan. Mengenai yang terakhir ini sulitlah dicapai bila hanya melalui cara-cara konvesial yaitu memanfaatkan teknologi komunikasi dan teknologi ,informasi radio dan televisi. Pada tahun 2007 pemerintah telah menetapkan APBN untuk pendidikan sebesar 20% bagi SD, SLTP dan SLTA. Program dan kegiatan yang dilakukan tidak semata-mata atas dasar pertambahan jumlah gedung sekolah, guru, buku dan lain-lain.

Alternatif yang didentifikasikan adalah :

1. Penambahan daya tampung SLP yang dilakukan baik dengan penambahan sekolah baru
2. Peningkatan daya tampung sekolah- sekolah swasta
3. Pengembangan sekolah terbuka dengan media korespodensi, modul, siaran radio, siaran televisi dan lain-lain
4. Pembukaan kursus- kursus ketrampilan praktis diluar sekolah sebagai jalur penyaluran kemasyarkat..

Ki Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang memprokarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman siswa. Dia lebih terkenal dengan filsafat” tut wuri handayani, hing madya mangun karsa, hing ngarso sung tulada. Dewantara mengklasifikasikan tujuan pandidikan dengan istilah “ tri-nga”(tiga “nga-nga adalah huruf terakhir dalam abjad jawa ajisak). “Nga” pertama adalah ngerti” (memahami /aspek intelektual). “Nga kedua” adalah “ngrasa” adalah (merasakan aspek afeksi), dan “nga” ketiga adalah “nglakonin” (mengajarkan atau aspek psikomotorik). Merumuskan tujuan pendidikan yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Dewantara, adalah hak tiap orang untuk mengatur diri sendiri, oleh karena itu pengajaran harus mendidik anak menjadi manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga. Pengajaran jangan terlampau mengutamakan kecerdasan pikiran karena hal itu dapat memisahkan orang tepelajar dengan rakyat.
Akhir sampai disini, semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan inovatif yang berguna bagi bangsa dan Negara, Menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mandiri yang dapat memenuhi kebutuhan global

MACAM-MACAM PERNIAGAAN


MACAM-MACAM PERNIAGAAN

Dilihat dari Sejarah dan Prosedur Perniagaan
1.         Perniagaan Langsung
Dalam perniagaan ini terdapat hubungan langsung anta produsen dan konsumen yaitu kegiatan tukar menukar tanpa menggunakan alat penukar (uang).
a)       Masyarakat primitif
b)       Hubungan antara Negara
Melakukan perdangan ekpor-impor hanya menghitung barang yang ditukarkan tanpa menghitung dengan nilai uang disebut barter culen.

2.        Perniagaan tidak langsung
Perniagaan ini terdapat pada masyarakat maju dan modern. Hubungan produsen dan konsumen berlangsung melalui perantara, yaitu pedagang. Sedangkan hubungan barang dengan barang lainnya berlangsung melalui alat perantara, yaitu uang.

Dilihat dari Luasnya Geografis
1.         Perniagaan Dalam Negeri
Perniagaan ini terbatas dalam satu daerah wilayah suatu Negara, dan disebut juga perniagaan nasional. Perniagaan nasional dapat dibedakan:
a.        Perniagaan local
b.        Perniagaan regional
I)                     Perniagaan antarpulau
II)                    Perniagaan antardaerah

2.        Perniagaan Luar Negeri (Perniagaan Internasional)
Perniagaan ini berlangsung dalam hubungan luar negeri, dapat dibedakan sebagai berikut:
a.        Perniagaan bilateral, perniagaan luar negeri yang terbatas antara dua negara saja.
b.        Perniagaan Multilateral, hubungan perniagaan dengan luar negeri antara beberapa negara.
c.        Perniagaan transito, membeli bara dari negara lain untuk dijual kembali ke negara lain.


Sehubungan dengan perniagaan luar negeri, dilihat dari segi kegiatan atau tugas-tugas yang dijalankanny, dapat dibedakan:
a.        Perniagaan ekspor, membeli barang dari dalam negeri untuk dijual ke negara lain.
b.        Perniagaan impor, membeli barang dari nagara lain untuk dijual didalam negeri.


Menurut Besar-Kecilnya Perniagaan

1.         Perniagaan Besar

Kegiatan perniagaan ini melakukan pembelian dan penjualan barang dalam jumlah besar diantara padagang-pedagang.

2.       Perniagaan Kecil

Pembelian dari pedang lalu menjualnya secara kecil-kecilan pada konsumen. Perniagaan ini dapat di bedakan menjadi:
a.       Perniagaan menjajakan, menawarkan langsung kepada konsumen dari tempat ke tempat lain.
b.       Perniagaan berkedai tetap, menjual barang pada satu tempat tertentu.
c.       Perniagaan pasar, perniagaan dilakukan di suatu pasar.
d.       Perniagaan menengah, perniagan diantara perniagaan besar dan kecil.

Menurut Pelaku Perniagaan
1.         Perniagaan yang Dilakukan oleh Swasta
2.       Perniagaan yang Dilakukan oleh Pemerintah
3.       Perniagaan yang Dilakukan untuk Mencari untung (public company)



KEGIATAN PERNIAGAAN YANG DILAKUKAN SWASTA DAN PEMERINTAH


A.       Usaha  yang dilakukan swasta oleh perorangan atau secara berkelompok yaitu usaha bersama. Kegiatan perniagaan yang dilakukan oleh swasta itu ada melalui usaha formal dan ada yang melalui usaha informal,

B.       Kegiatan  yang dilakukan Pemerintah sebagai pelaku perniagaan
Kegiatan perniagaan yang dilakukan pemerintah meliputi beberapa hal pokok, yaitu:
a.        Kebutuhan konsumsi untuk+ 200 juta penduduk
b.        Kebutuhan untuk penyelenggaraan pemerintah dari tingkat pusat sampai daerah
c.        Kebutuhan untuk melaksanakan pembangunan

1.         Kegiatan perniagaan dalam negeri
kegiatan perniagaan oleh pemerintah dilakukan melalui badan usaha milik Negara yang bertujuan melayani sekaligus mencari laba semaksimal mungkin. 

FUNGSI DAN TUGAS SERTA MACAM-MACAM PERNIAGAAN


FUNGSI DAN TUGAS SERTA MACAM-MACAM PERNIAGAAN
A.       Tugas dan Fungsi Perniagaan
1.         Tugas perniagaan

a.        Membeli dan Mengumpulkan
Tugas perniagaan dalam hal ini adalah membeli suatu barang dari produsen (penghasil) dan mengumpulkannya kemudian barang itu dijual ke daerah-daerah atau orang yang memerlukannya, baik melalui pasar, warung-warung/toko-toko. Jadi tugas perdagangan dalam hal ini adalah kegiatan mengumpulkan dan membeli.

b.        Menyatir dan Mengolah
Tugas pedagang adalah memisah-misahkan dan mengelompokkan, maksudnya untuk membedakan kualitas jeruk tersebut. Perbedaan kualitas ini akan membedakan harga dari masing-masing kelompok.

c.        Menyimpan
Untuk menjaga agar tidak terjadi kekurangan barang pada masa-masa tertentu maka perlu diadakan penyimpanan barang di gudang atau tempat-tempat tertentu. Dalam hal ini tugas penyimpanan dilakukan oleh perdagangan. Tugas penyimpanan ini sangat penting utuk mengisi waktu antara masa menghasilkan (panen) dan waktu barang itu di butuhkan.

d.        Memindahkan Barang
Daerah-daerah produksi (surplus) dan daerah-daerah kekurangan (minus) mungkin saling berdekatan atau berjauhan. Barang-barang dari tempat produksi perlu di pindahkan ke daerah kekurangan. Memindahkan barang dari daerah produksi sehingga sampai ke daerah konsumsi adalah tugas perdagangan. Tugas memindahkan ini sering disebut tugas pengangkutan atau transportasi.

e.        Menyebarkankan dan Menjualkan barang
Tugas perdagangan adalah menyebarluaskan dan menjual barang tersebut ke berbagai tempat atau daerah produksi. Tugas menyebarkan ini disebut juga tugas distribusi.
Sedang tugas menjual berang termasuk juga mencari calon pembeli atau menawarkannya. Jadi, tugas menyebarkan (distribusi) dan tugas menawarkan adalah tugas perdagangan.

f.         Menyediakan Modal dan Biaya
Menyediakan modal terlebih dahulu untuk membiayai barang barang yang dibutuhkan konsumen adalah tugas perdagangan.



g.        Menanggung risiko
Tidak selamanya tugas perdagangan itu mulus dan berjalan lancar. Mungkin juga terjadi pencurian, kehilangan, dsb. Pada umumnya risiko itu terdiri dari:
                                                         i.            Risiko kualitas, kerugian karena mutu barang berkurang, sehingga bara tidak laku.
                                                        ii.            Risiko kuantitas, kerugian akibat jumlah barang berkurang dari semula.
                                                      iii.            Risiko harga, kerugian akibat harga pasar turun di bawah harga beli barang.

h.        Mengetahui Keadaan Pasar
Tugas perdagangan ialah mencari dan memperoleh informasi tentang keadaan pasar. Dengan mengetahui keadaan pasar, akan dapat menentukan cara-cara yang harus dijalankan dalam usaha menawarkan dan menjual barang. Menawarkan barang adalah mencari membeli sebanyak mungkin. Membeli barang untuk orang lain adalah kegiatan menjual. Pengetahuan tentang keadaan pasar disebut market information.

i.         Meningkatkan dan Mempeluas Kegiatan Penjualan
Meningkatkan dan memperluas kegiatan penjualan adalah tugas perdagangan. Tugas perdangan dalam hal ini memperbesar peranan reklame, advertensi/iklan, surat-surat penawaran,dll.

2.       Fungsi Perdangan
Seluruh kegiatan perniagaan itu disimpulkan dalam 4 fungsi pokok, yaitu:
a.        Mengumpulkan dan Meyebarluaskan
b.        Menyotir dan Menentukan Tingkat Kualitas Barang
c.        Menyimpan
d.        Memindahkan

Kemajuan dalam tata perniagaan itu menimbulkan organisasi atau badan-badan usaha yang menangani fungsi-fungsi perniagaan, diantaranya:
a.        Perusahan pengangkutan
b.        Perusahaan pergudangan
c.        Perusahaan asuransi
d.        Perusahaan bank
e.        Perusahaan Distribusi 

ISTILAH-ISTILAH PERNIAGAAN



ISTILAH-ISTILAH PERNIAGAAN
NASABAH/COSTUMER = ORANG YANG MENGGUNAKAN SUATU BARANG DARI PERUSAHAAN/ORANG LAIN
DISTRIBUTOR               = PERANTARA ANTARA PRODUSEN KE KONSUMEN
SUB DISTRIBUTOR       = PERPANJANGAN DARI DISTRIBUTOR
KONSUMEN                  = ORANG YANG MEMBELI BARANG DARI ORANG LAIN
PRODUSEN                  = ORANG YANG MENGHASILKAN BARANG
OMZET                         = PENJUALAN
BIAYA PRODUKSI         = BIAYA UNTUK MENGHASILKAN SUATU BARANG
LABA KOTOR                = LABA YANG DIHITUNG TANPA BIAYA USAHA
LABA BERSIH               = LABA YANG DIHITUNG DENGAN BIAYA USAHA
BIAYA USAHA              = BIAYA YANG MENDUKUNG PRODUKSI SUATU BARANG
                                       SEPERTI GAJI KARYAWAN, TRANSPORTASI, GEDUNG.      

PENGERTIAN DAN SEJARAH PERKEMBANGAN PERNIAGAAN


PENGERTIAN DAN SEJARAH PERKEMBANGAN PERNIAGAAN


A.       ISTILAH DAN PENGERTIAN PERNIAGAAN

1.         PERNIAGAAN
    
        Perniagaan, asal katanya niaga (bahasa latin). Niaga, berarti menjajakan barang atau jasa untuk ditawarkan kemana-mana agar ada calon pembeli atau orang berlangganan. Perniagaan berarti usaha yang ditujukan mendapatkan calon pembeli sebanyak mungkin agar barang dan jasa itu terjual. Jadi pengertian niaga itu sama dengan dagang yang artinya usaha yang berhubungan dengan urusan dagang atau jual beli barang atau jasa.

2.       PERDAGANGAN (komersil)
    
       Perdagangan, asal katanya “dagang” yaitu usaha yang berhubungan dengan mejual dan membeli barang untuk memperoleh keuntungan. Perdangan dalam bahasa inggris adalah commerce, kemudian bahasa indonesiannya menjadi komersil yang artinya usaha yang berhubungan dengan perdagangan.
      Jadi perdagangan ialah usaha yang berhubungan dengan jual-beli barang dan jasa dengan maksud memperoleh keuntungan atau laba. Perdagangan juga berarti usaha seseorang atau badan untuk menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen atau pihak pemakai dengan tujuan memperoleh laba.
     Cara penyampaian hasil produk barang atau jasa itu kepada konsumen dapat dilakukan dengan :
a)       Produsen langsung menjual produk barang dan jasa itu kepada konsumen
b)       Produsen tidak langsung berhubungan dengan konsumen tetapi melalui perantara atau pedagang
                    
                    Pada prinsipnya perdagangan barang adalah membeli barang untuk dijual kembali tanpa pengolahan lebih                     
                Dulu. Setiap pedagang ialah orang yang melakukan pembelian barang untuk dijual kembali dalam jumlah besar                         
                atau kecil, baik berupa bahan mentah atau jadi atau menyewakan barang untuk memperoleh laba.

3.       BISNIS
   
     Bisnis berasal dari kata bahasa inggris, yaitu business yang asal katanya “busy” artinya sibuk atau kesibukan. Kata busy kemudian menjadi business artinya suatu kesibukan yang ditujukan pada usaha mencari atau mendapatkan keuntungan.lalu business menjadi bahasa Indonesia yaitu bisni yang artinya usaha dagang atau usaha komersil dalam dunia perdagangan atau dalam usaha perniagaan. Jadi bisnis adalah juga perniagaan atau perdagangan.




SEJARAH PERKEMBANGAN PERNIAGAAN
1.     Kehidupan Masyarakat Primitif

       Pada jaman purba, dimana manusia masih primitif. Pada mulanya tidak terdapat hubungan antara kelompok masyarakat itu satu sama lain. Kelompok masyarakat primitif berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri.  

2.       Kebutuhan Hidup Berubah
                                      Manusia dalam kelompok masyarakat primitif mulai berubah, terus meningkat dan berkembang, 
               baik jumlahnya maupun kebutuhanya. Akhirnya antara kelompok masyarakat timbul keninginan untuk                                                                                                                        
saling membutuhkan bahwa sutu kelompok memerlukan barang dan jasa yang dihasilkan oleh kelompok lain.
        Akhirnya saling membutuhkan itu timbul tukar-menukar barang milik seseorang dengan orang lain. Barang yang dihasilkan seseorang dipertukarkan langsung dengan barang yang dihasilkan orang lain disebut barter yang merupakan asal mula perniagaan. Melalui tukar-menukar masing-masing merasa ada keuntungan timbale balik.
        Dengan sendirinya, kegiatan perniagaan pun semakin meningkat, berkembang dan meluas pula. Tetapi perniagaan secara barter semakin sukar dilakukan. Untuk mengatasi kesukaran itu timbul kesepakatan untuk menciptakan sesuatu yang dapat dijadikan ukuran harga barang yang dipertukarkan yaitu alat penukar yang kemudian disebut uang. Pada saat itu berbagai macam benda dipakai sebagai alat penukar (uang) seperti, kulit hewan, emas, perak, dsb. Benda-benda itu masih dirasakan kurang praktis dan banyak kesukaran yang timbul.
        Masyarakat menginginkan, agar alat itu mampu memenuhi syarat sebagai berikut:
·         Mudah dibawa kemana-mana atau dipindahkan
·         Benda itu ringan
·         Disukai banyak orang
·         Tahan lama
·         Mudah disimpan dan homogeny (serba sama)
·         Mempunyai harga/nilai yang tinggi
·         Mempunyai nilai yang tetap
Syarat-syarat di atas kemudian disepakati bersama. Dengan menggunakan syarat tersebut lalu diciptakan alat tukar-menukar yang terdiri dari logam mulia yaitu emas dan perak. Disamping logam mulia juga digunakan kertas.

3.       Kebutuhan Manusia Tidak Terbatas Dan Beraneka Ragam

       Setelah alat penukar (uang) diciptakan, hubungan antara desa dan desa, desa dan kota, dan kota dan kota semakin terbuka, maka timbullah kebebasa memilih kebutuhan yang dihendaki. Kebutuhan manusia pun tidak terbatas lagi pada barang yang dihasilkan dilingkungannya, tetapi juga barang-barang yang dihasilkan di lingkungan lain yang saling berdekatan atau berjauhan. Manusia mulai ketergantungan satu sama lain, manusia tidak dapat hidup hanya dari usahanya sendiri, melainkan dari hasil produksi orang lain.
       Kebutuhan yang mesti di penuhi adalah kebuthan primer seperti makanan, pakaian, dan rumah. Selain kebutuhan primer itu manusia juga menghendaki untuk melengkapi dan mendukung kebutuhan pokoknya yang disebut kebutuhan sekunder atau kebutuhan pelengkap.

4.       Perbedaan Keterampilan Dan Kecakapan
        Banyak orang yang memiliki kecakapan dan keterampilan khusus. Perbedaan keterampilan dan kecakapan khusus ini merupakan keistimewaan bagi seseorang atau bangsa. Keadaan ini mendorong timbulnya perniagaan, yaitu usaha menjual belikan barang tersebut ketempat lain atau ke Negara-negara yang membutuhkan.
        Perbedaan keterampilan dan kecakapan yang terdapat di suatu daerah atau Negara yang menghasilkan beraneka ragam kebutuhan dan akan mendorong kegiatan perdagangan dan antarnegara.

5.       Perbedaan Iklim, Kesuburan tanah, dan Hasil Berbagai Daerah/Negara

       Perbedaan-perbedaan iklim dan kesuburan tanah di suatu daerah atau Negara akam memberikan pengaruh yang luas terhadap masyarakat dan penduduknya.
a)       Perbedaan Hasil Produksi Sumber Daya Alam, yaitu:
                                                                                 i.            Hasil pertanian (karet, tembakau, kopi, dsb)
                                                                                ii.            Hasil tembang (minyak bumu, gas, dsb)
                                                                              iii.            Hasil perikanan
                                                                              iv.            Hasil kehutanan (kayu jati, bakar, arang, bambu, dsb)
                                                                                v.            Hasil ternak (sapi, kerbau, babi, dll)
b)       Perbedaab Budaya Masyarakat
c)       Kebutuhan Masyarakat Berbeda
d)       Adat Istiadat
e)       Kemajuan dan Perkembangan Masyarakat

6.       Kemajuan Teknlogi, Pendidikan, dan Kebudayaan

          Kemajuan teknologi, akan menimbulkan beberapa kemungkinan.
a)       Penemuan metode dan cara baru di bidang teknik yang dapat menghasilakan barang-barang yang lebih cepat dan dalam jumlah yang banyak
b)       Penemuan alat teknik dan mesin-mesin baru yang dapat memproduksi kebutuhan baru bagi manusia
c)       Penemuan pasar baru bagi hasil produksi barang baru
Kemajuan di bidang pendidikan akan timbul ilmu pengetahuan baru yang akan memungkinkan terciptanya produk baru. Dan kemajuan di bidang pendidikan mengakibatkan.
a)       Kebutuhan masyarakat meningkat baik jumlahnya maupun mutunya
b)       Timbul kebutuhan akan barang baru

7.      Alat Transportasi dan  Sarana Baru

            Tersedianya alat transportasi melalui darat,laut,dan udara telah turut  membantu kelancaran dan kemajuan perdagangan. Kelancaran transportasi itu akan mendekatkan daerah dengan daerah, pulau dengan pulau dan mempersingkat waktu melakukan perdagangan. Negara-negara di dunia pun akan semakin singkat dikunjungi.


Demikian lalu lintas semakin maju dan berlangsung secara terus menerus dan mempelancar kegiatan:
a)       Perniagaan local-dalam daerah
b)       Perniagaan interlokar antar daerah
c)       Perniagaan interinsuler antar pulau
d)       Perniagaan internasional-antarnegara

8.       Perkembangan dan Pertambahan Penduduk

                        Penduduk dunia ini semakin lama akan semakin padat. Yang akan menimbulkan:
a.        Kebutuhan manusia akan terus bertambah dan meningkat
b.        Barang yang di produksi akan ditingkatkan
c.        Barang yang dibutuhkan akan diusahakan selalu tersedia
d.        Perpindahan barang semakin di percepat
e.        Kebutuhan modal untuk peningkatan produksi diperbesar
f.         Meningkatnya risiko
g.        Kegiatan perdagangan semakin ramai,maju,berkembang,dan meluas